Senin, 31 Oktober 2011

Manusia dan Kebudayaan



            Manusia adalah mahluk yang paling sempura yang  diciptakan oleh allah SWT. dengan kesempurnaan yang dimiliki manusia itu. Kita dituntut agar bias bermanfaat dan tidak mensia-siakan dengan apa yang telah diberikaan allah SWT. kepada kita. Dan kebudayaan bias tercipta atau terwujut oleh manusia dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya yang bias berinteraksi dengan segala sesuatu yang ada di alam raya ini. Disamping itu juga manusia memiliki alat, intelegensi, intuisi, perasaan, emosi, tenaga dan perilaku. Dengan semua yang dimiliki, manusia bisa menciptakan kebudayaan. Ada hubungannya antara manusia dan kebudayaan. Kebudayaan adalah produk manusia sedangkan manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan itu bisa dimaksudkan. Kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan juga manusia akan tetap hidup ditengah-tenah kebudayaan yang diciptakannya. Kebudayaan akan selalu hidup sebab manusia sebagai penggunanya.
            Kebudayaan mempunyai kegunaan yang sangat penting bagi manusia. Hasil karya ini bias menimbulkan suatu yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi manusia terhadap lingkungan sekitarnya. Suatu kebudayaan yang diciptakan oleh setiap manusia mempunyai maksud dan tujuannya yaitu untuk mengenalkan bagaimana budaya tersebut dimata orang yang melihatnya. Dengan menganalisis pengaruh budaya terhadap seseorang, agar dapat mengetahui mengapa suatu lingkungan tertentu akan mempunyai karya yang berbeda dari lingkungan lain dan juga bias menghasilkan karya yang berbeda juga.
            Kebudayaan adalah hasil cipta, karsa, dan rasa kemanusiaan oleh karena itu kebudayaan bisa mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Perkembangan itu sendiri dimaksudkan untuk kepentingan manusia itu sendiri, karena kebudayaan ini diciptakan oloh manusia dan untuk manusia juga. Kebudayaan suatu kelompok sosial juga tidak akan terhindar dari budaya kelompok lain dengan adannya kontak-kontak kebudaya lain. Suatu kelompok bias mengadopsi kebudaya kelompok lain apa bila berguna atau bisa memenuhi tuntutan yang dimiliki.
            Pekembangan zaman mendorong terjadinya perubahan disegala bidang termaksud kedalam kebudayaan. Mau tidak mau budaya yang dipakai suatu kelompok akan tergeser dengan perubahan ini. Namun disayangkan sekali  perubahan kebudayaan ini disalah artikan sebagai penyimpangan kebudayaan yang telah ada. Oleh karena itu kita harus menjaga kebudayaan yang kita punya agar bermanfaat terhadap orang yang memakainya. Dan apabila akan ada perubahan, maka perubahan itu tidak boleh melenceng dari kebudayaan yang sudah ada. Yang kurang baik diperbaiki dan juga yang sudah baik agar bias lebih baik lagi.

Sumber :
·         Posted by Bukittingginews on October 15th, 2010
·         www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar