Senin, 31 Oktober 2011

Manusia dan Keindahan


Keindahan bisa diartikan dengan apa yang kita lihat pada saat itu dan menurut kita baik bisa juga disebut keindahan.keindahan berasal dari kata indah yang artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Keindahan juga identik dengan kebeneran. Jadi keindahan adalah suatu kebenaran dan kebenaran adalah suatu keindahan. Keindahan juga bersifat universal, yaitu tidak terikat dengan selera perseorangan.waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokasi,. Siapapun orangnya maupun itu muda, tua, kecil, anak-anak, laki-laki, perempuan pasti bisa merasakan suatu keindahan yang mereka lihat. Oleh karena itu manusia dan keindahan tidak bisa dipisahkan, karena keindahan butuh pelestarian atau penjagaan oleh manusia itu sendiri karena keindahan akan punah apabila tidak ada pelestariannya. Keindahan merupakan seni yang dihasilkan secara alamiah yang bisa terlihat istimewa kepada orang yang memandangnya.
Manusia sangat butuh sekali dengan keindahan karena keindahan itu bisa membagun jiwa dan raga kita. Misalnya kita membuat halaman rumah dengan taman kecil yang penuh dengan pepohohahn, bunga-bunga dan juga rerumputan, itu bisa membuat si pemilik rumah menjadi tenang, aman, teduh, daan santai karena memiliki halaman rumah yang indah. Dan apabila kita dalam keadaan yang memiliki banyak masalah atau pekerjaan yang menumpuk dengan kiya melihat suatu keindahaan maka dengan sendirinya permasalahan akan berkurang dengan melihat keindahan itu sendiri. Sebenarnya sangat sulit bagi kita untuk mengartikan keindahan dengan secara detail. Karena keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu tidak bisa terlihat jelas apabila telah dihubungkan dengan suatu yang berwujudatau suatu karya. Dan keindahan dapat dinikmati apabila dihubungkan dengan suatu bentuk misalnya lukisan,pemandangan atau tubuh ysng molek, film dan nyayian.
Menurut The Liang Gie dalam buku “Garis Besar Estetika”, menurut asal katanya dalam bahasa inggris keidahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful” dalam bahasa perancis “beau”, sedangkan italia dan sepanyol “bello”, dari bahasa latin “bellum”. Dan ini penyebutan keindahan diberbagai Negara. Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian luas dari bangsa  yunani dulu yang didalamnya tercangkup pula kebaikan. Plato misalnya menyebutkan bahwa watak yang indah dan hukum yang indah.
Dengan ada kaitannya manusia dengan keindahan ini, bisa terlihat jelas bahwamanusia tidak bisa dilepas dengan ini semua. Oleh sebab itu jagalah keindahan semua ini baik yang buatan atau pun yang muncul secara alamiah. Karena dengan pelestarianlah keindahan itu akan bertahan lama dan akan menjadi lebih indah apabila kita menjaga dan merawatnya dengan baik. Tuhan telah memberikan segalanya kepada hambanya, baik yang kita pinta ataupun tidak. Jadi manfaatkanlah semua yang baik dan yang indah yang ada dialam semesta ini karena tidak ada yang tidak bermanfaat yang telah diberikan allah SWT. kepada hambanya.
Sumber :
·         WIKIPEDIA
·         IBNU HASYIM


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar