Senin, 31 Oktober 2011

Pengertian Ilmu Budaya Dasar, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya


Ilmu budaya dasar merupakan suatu materi pembelajaran yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang semua masalah yang dihadapi setiap manusia dalam kehidupn sehari-hari. Mengapa ilmu budaya dasar dipelajari diperguruan tinggi? Ini dkarenakan kurangnya pembelajaran kita dalam system pendidikan, baik dari tingkat menengah, maupun perguruan tinggi sekalipun. Tanpa disadari banyak penyebab-pemyebab lain yang mempengaruhinya, salah satunya adalah system pendidikan kita yang amat sangat sempit sehingga membuat manusia berpikir menjadi sempit tidak biasa berpandang luas keluar sana. Hal ini biasa menyebabkan lulusan perguruan tinggi kurang memiliki tempat yang sama untuk berpijak. Karna itu seolah-olah buta untuk bidang lain selain yang dikuasainya, oleh sebab itu ia harus ikut campur oleh bidang-bidang lain.
Inilah harapan dari ilmu budaya dasar, agar lulusan perguruan tinggi mempunyai kesamaan dalam bahan pembicaraan. Supaya dengan adanya kesamaan ini mampu membuat mahasiswa/i berfikir positif untuk membangun Negara kita pada umumnya dalam dan system pendidikan pada khususnya. Dengan adanya pelajaran ilmu budaya dasar diharapkan para lulusan perguruan tinggi memiliki latar yang luas untuk pemahaman budaya yang ada di indonesiadan di harapkan bias mendalami agar bias mengembangkan budaya kita dengan sangat kreatif yang akan ditunjukan kepada dunia bahwa negara kita memiliki kebudayaan yang beragam dan manusia yang kreatif.
Secara sederhana pengertian ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan uantuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Pemberian ilmu budaya dasar tidak lain merupakan memberi pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya dasat semata-mata hanya ingin mengembangkan kepribadian mahasiswa/I yaitu dengan memperluas wawasan pemikiran mereka serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya baik menyakut diri sendiri, alam sekitar, maupun orang lain. Dan bertujuan juga untuk memperluas pengetahuan mereka terhadap budaya yang ada di wilayah mereka bahkan Negara mereka sendiri yang beranekaragam ini.
Ruang lingkup ilmu budaya dasar merupakan ungkapan masalah manusia dan budaya yang bisa di analisis dengan menggunakan pengetahuan budaya. Baik dalam segi keahlian maupun pengetahuan budaya. Hakekat manusia yang beranekaragam terwujud dalam masing-masing jaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social dan budaya, manusia hanya mengujudkan yang tidak beragam yang di ungkapkan dengan tidak seragam, yang diekspresikan dalam bentuk dan corak ungkapan, pikiran dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.


Sumber:
·         www.google.com
·         Buku ilmu budaya dasar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar